4 Pelindung Gaib Istana Surakarta

4 Pelindung Gaib Istana Surakarta, Kanjeng Ratu Kidul Salah Satunya!

4 Pelindung Gaib Keraton Surakarta, Kanjeng Ratu Kidul Salah Satunya! – Jika menilik sejarah, Keraton Surakarta merupakan penerus dari Kerajaan Mataram Islam yang sebelumnya berkedudukan di Kerto dan Pleret, Yogyakarta. Sebagai Keraton Jawa, sudah tentu tak bisa dilepaskan dari kepercayaan-kepercayaan Jawa kuno yang masih mengakar kuat. Kepercayaan-kepercayaan itu akhirnya membentuk sebuah tradisi dan budaya yang tetap lestari hingga kini.

Keraton Surakarta adalah kerajaan Islam sinkretik, dimana tradisi Islam bercampur dengan kepercayaan lama, sehingga muncul istilah Islam Kejawen. Artinya, ajaran Islam tetap dijalankan, sedangkan kepercayaan lama tak ditinggalkan. Misalnya upacara doa secara Islam yang ditujukan kepada para penunggu gaib yang melindungi keraton dari segala marabahaya. Berikut cerita tentang 4 pelindung gaib Keraton Surakarta, Kanjeng Ratu Kidul salah satunya.


Tulisan Menarik Lainnya : 


4 Pelindung Gaib Keraton Surakarta, Kanjeng Ratu Kidul Salah Satunya!

Berdasaran kepercayaan Jawa, Keraton Surakarta dilindungi oleh pepunden atau penjaga gaib di empat penjuru mata angin. Penjaga tersebut berkedudukan di sebelah timur, selatan, barat, dan sebelah utara. Setiap tahun, Keraton Surakarta mengadakan upacara labuhan ke empat tempat tersebut. Lalu, siapa saja penjaga gaib Keraton Surakarta itu?

Sebelah Timur Dijaga Oleh Kanjeng Sunan Lawu

Kanjeng Sunan Lawu adalah nama lain raja pungkasan Majapahit, Prabu Brawijaya V yang berkedudukan di Gunung Lawu yang dipercaya merupakan tempat roh-roh Raja Majapahit di masa lampau. Kanjeng Sunan Lawu menjadi pelindung Keraton Surakarta karena sosok Prabu Brawijaya merupakan leluhur raja-raja Jawa dari Kerajaan Demak hingga Surakarta. Setiap tahun, Keraton Surakarta masih melaksanakan upacara tradisi Labuhan Ageng ke Gunung Lawu.

Sebelah Selatan Dijaga Oleh Kanjeng Ratu Kencanahadisari

Kanjeng Ratu Kencanahadisari adalah nama lain dari Kanjeng Ratu Kidul yang berkedudukan di Samudra Selatan. Ia digambarkan sebagai sosok wanita cantik bermahkota. Dalam kepercayaan Keraton Surakarta, ia merupakan istri spiritual raja-raja yang bertahta. Pada hari-hari tertentu, sosok legendaris tersebut hadir ke keraton.

Sebelah Barat Dijaga Oleh Eyang Merapi Dan Kanjeng Ratu Sekar Kedhaton

Selain dijaga oleh Eyang Merapi yang berkedudukan di Gunung Merapi, Keraton Surakarta juga dijaga oleh sosok wanita cantik bernama Kanjeng Ratu Sekar Kedhaton. Ia merupakan trah kerajaan Mataram Islam yang bertapa hingga mukswa sampai akhirnya menjadi ratu bangsa lelembut di Gunung Merapi.

Sebelah Utara Dijaga Oleh Batari Kalayuwati

Batari Kalayuwati atau Batari Durga dipercaya sebagai pelindung Keraton Surakarta dari sisi utara. Batari Durga dalam kepercayaan lama dikenal sebagai sosok raksasa perempuan yang sangat menakutkan. Batari Kalayuwati berkedudukan di Alas Krendhawahana atau Setra Ganda Mayit. Setiap tahun Keraton Surakarta mengadakan upacara persembahan yang dikenal dengan Upacara Mahesa Lawung. 

Itulah empat sosok gaib yang menjadi pelindung keraton Surakarta.

115 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Comments

comments