Cerita Silsilah Nyi Roro Kidul Hingga Menjadi Penguasa Pantai Selatan

Cerita Silsilah Nyi Roro Kidul Hingga Menjadi Penguasa Pantai Selatan – Nyi Roro Kidul yang juga lazim dikenal sebagai Ratu Laut Selatan memang memiliki berbagai kisah berbeda mulai dari cerita asal-usulnya, legenda, mitologi, dan kisah turun-temurun. Bahkan Nyi Roro Kidul dianggap sebagai 5 orang berbeda dalam kisah asal muasal yang berbeda. Ada yang mengatakan sebagai Dewi Kadita, Dewi Srengenge, Ni Mas Dewi Anginangin, Biding Laut, hingga Aurora.

Cerita silsilah Nyi Roro Kidul menjadi membingungkan karena masing masing masyarakat di Nusantara menyajikan cerita yang berbeda dalam berbagai versi. Mulai dari versi Jawa, Versi Islam, Versi Batak hingga Versi Sunda.

Namun dalam artikel berikut kami akan menyajikan sebuah cerita tentang silsilah Nyi Roro Kidul dirunut dari bukti bukti yang Ada dan jejak jejak peninggalan Nyi Roro Kidul yang Ada. Baca seterusnya!

MUNGKIN ANDA JUGA SUKA :

Silsilah Nyi Roro Kidul dari Kerajaan Padjajaran

Kerajaan Padjajaran, dimana kerajaan ini memang dikenal sangat kuat dan berkuasa pada jamannya mengisahkan seorang putri semata wayang bernama Dewi Kadita. Dari seorang Raja bernama Prabu Munding Wangi Dewi Kadita menjadi pewaris Tahta. Tapi seorang anak perempuan tidak layak memimpin Kerajaan (kala itu). Dari sinilah silsilah Nyi Roro Kidul dimulai. Karena kecantikannya, ia dijuluki Dewi Srengenge (“Dewi Matahari”). Meskipun mempunyai seorang putri yang cantik, Raja Munding Wangi bersedih karena ia tidak memiliki putra yang dapat menggantikannya sebagai raja.

Raja Munding Wangi kemudian menikah dengan Dewi Mutiara dan mendapatkan putra dari pernikahan tersebut. Dewi Mutiara ingin putranya dapat menjadi raja tanpa ada rintangan di kemudian hari, sehingga ia berusaha menyingkirkan Dewi Kadita. Dewi Mutiara menghadap Raja dan memintanya untuk menyuruh Kadita pergi dari istana. Meski Raja tidak menyetujuinya namun dnegan berbagai cara Dewi Mutiara berhasil menyingkirkan Dewi Kadita.

Keesokan harinya, sebelum matahari terbit, Dewi Mutiara mengutus pembantunya untuk memanggil seorang tukang tenung. Dia menyuruh sang dukun untuk meneluh Kadita. Pada malam harinya, tubuh Kadita gatal-gatal dipenuhi kudis, berbau busuk dan penuh bisul. Ia menangis tak tahu harus berbuat apa. Raja mengundang banyak tabib untuk menyembuhkan Kadita serta sadar bahwa penyakit tersebut tidak wajar, pasti berasal dari guna-guna.

Ratu Dewi Mutiara memaksa raja mengusir puterinya karena dianggap akan mendatangkan kesialan bagi seluruh negeri. Karena Raja tidak menginginkan puterinya menjadi gunjingan di seluruh negeri, ia terpaksa mengirim putrinya keluar dari negeri mereka. Kadita pergi berkelana sendirian tanpa tujuan dan hampir tidak dapat menangis lagi. Ia tidak dendam kepada ibu tirinya, melainkan meminta agar Sanghyang Kersa mendampinginya dalam menanggung penderitaan. Hampir tujuh hari dan tujuh malam, akhirnya ia tiba di Samudera Selatan.

Air samudra itu bersih dan jernih, tidak seperti samudera lain yang berwarna biru atau hijau. Tiba-tiba ia mendengar suara gaib yang menyuruhnya terjun ke dalam Laut Selatan. Ia melompat dan berenang, air Samudera Selatan melenyapkan bisulnya tanpa meninggalkan bekas, malah ia semakin cantik. Ia memiliki kuasa atas Samudera Selatan dan menjadi seorang dewi yang disebut Nyi Roro Kidul yang hidup abadi. Kawasan Pantai Palabuhan Ratu secara khusus dikaitkan dengan legenda ini.

Silsilah Nyi Roro Kidul Secara Garis Keturunan

Sebenarnya Silsilah Nyi Roro Kidul ini memang berada pada 1 garis keturunan. Ayah Dewi Kadita yaitu Prabu Munding Wangi adalah Prabu Siliwangi ke-6. Pada abad ke-14 sebuah kerjaan yang masih bagian dari Kerajaan Padjajaran yaitu Kerajaan Gerbah Labuan dipimpin oleh Prabu Batara Anggara yang merupakan seorang pendeta beragama Hindu.

Prabu Batara Anggara memiliki anak laki laki bernama Prabu Munding Wangi, dan diumur 9 tahun beliau sudah diangkat menjadi raja menggantikan ayahnya, Prabu Batara Anggara. Kesaktian Nyi Roro Kidul sebenarnya diturunkan juga dari Prabu Munding Wangi, karena beliau sudah melakukan ebrbagai ritual saat diangkat menjadi raja. Bahkan ayah Nyi Roro Kidul dikenal sebagai Raja yang paling sakti mandraguna di sepanjang sejarah Kerajaan Padjajaran.

Itulah silsilah Nyi Roro Kidul yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda. Jika Anda tertarik menggunakan sarana spiritual, silahkan Anda bisa kunjungi : www.parapsikologi.com

109 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Kisah Lainya - NyaiRoroKidul.com:

Comments

comments