Kisah Cinta Nyi Rorokidul dengan Panembahan Senopati

Objek wisata parang kusumo yang terletak di kabupaten bantul, yogyakarta ini merupakan objek wisata pantai yang masih alami pantai yang berdampingan dengan pantai parangtritis ini terletak di sebelah yogyakarta sekitar 30 kilometer ke selatan.

Pantai parangkusumo ini adalah salah satu pantai yang dikeramatkan di yogyakarta, di dalam kepercayaan masyarakat jawa pantai parangkusumo sangat di angungkan dan di anggap sebagai gerbang besar pintu utama menuju keraton Segoro kidul yaitu kerajaan ghaib nyi roro kidul sang penguasa pantai selatan.

Dari kepercayaan tersebut masyarakat jawa sekitar pantai parang kusumo sering melalukan ritual labuhan yang di adakan oleh pihak keraton yogyakarta setiap tahunya di pinggiran pantai parangkusumo. Ritual yang di lakukan ini merupakan sebagai simbol ikatan warga sekitar pantai parangkusumo sebagai tanda kekuasaan antara keraton dan penguasa laut pantai selatan

Sesembahan Untuk Nyai Roro Kidul

Acara sesembahan labuhan yang di selenggarakan selalu di mulai dari bangunan yang biasa di sebut dengan nama Puri Cepuri, Tempat ini biasanya di gunakan untuk memanjatkan doa sebelum acara lubuhan ini di mulai, di dalam bangunan ini terdapat batu cinta yang di yakini dengan warga sebagai tempat bertemunya Nyi Roro Kidul dengan Kerajaan Maram Senopati

Di dalam cerita lokal di kisahkan Raja Mataran Senopati yang memerintah mataram islam 1585 – 1601 ini pergi ke tempat pantai selatan untuk melakukan ritual dan semedi bertujuan untuk meminta petunjuk agar dapat memenagkan peperangan melawan sultan pajang yang waktu itu bertempat di Prambanan.

Batu Cinta

batu cinta

Nyai Roro Kidul Jatuh Cinta

Konon di katakan dengan ketekunan sang senopati dalam bersemedi dapat membuat laut pantai selatan begejolak dan istana ratu pantai selatan nyi roro kidul yang berada di dasar laut menjadi porak poranda karena kekuatan doa dari panembahan senopati.

Ratu pantai selatan Nyi Roro Kidul pun keluar dari istana bawah laut selatan dan muncul di permukaan lautan, beliau terperangah melihat seorang pemuda gagah tengah bersemedi, sang ratu pantai selatan pun seketika jatuh hati dan duduk di depan panembahan senopati.

Mereka berdua pun terjalin hubungan cinta selama tiga hari tiga malam di istana laut pantai selatan, dan Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul pun berjanji akan mengayomi seluruh keturudan dari senopati dan seluruh kerajakan mataram ketika mengalami kesulitan.

Saran Artikel Lainya :

Batu Cinta Peninggalan Nyai Roro Kidul

Pesugihan Pantai Parang Kusumo

1,756 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Kisah Lainya - NyaiRoroKidul.com:

Comments

comments