Pria Idaman Kanjeng Nyai Roro Kidul

Pada dasarnya untuk memenuhi dasar-dasar pria idhaman harus dapat memenuhi kata-kata yang tersurat didalam sebutan “‘ Priya” yang mana   kata tersebut mengandung  falsafah  yang  sangat  handal kegunaannnya untuk difungsikan sebagai fundhamen yang absolut.

,Jika yang tersimpan  dalam kata  “P” adalah  “pakarti” untuk membuktikan bahwa seorang pria harus mampu menyandang predikat tersebut, sebagai kunci yang utama.

Adapun yang dikandung dalam “pakarti” adalah sebagai berikut

Syair Mijil
Dedalane guna lawan sekti
kudu andhap asor
wani ngalah dhuwur wekasane
tumungkula yen dipun dukani
bapang den simpangi
ana catur mungkur

temukan-jodohmuYang dimaksud syair mijil yang terletak pada baris yang pertama adalah yang berbunyi  “Dedalane guna lawan sektim” yaitu untuk menjadi pria yang “guna Ian sekti’‘, arti dari kata “guna” ialah berguna bagi nusa bangsa clan agama, yang dijadikan kaidah adalah pakarti yang suci clan luhur serta tidak menyimpang dengan dasar negara kita yaitu “Pancasila” sebab semuanya telah diatur dalam aturan-aturan yang telah digariskan, juga  disepakati oleh seluruh warga negara.
Tetapi yang dimaksud “sekti” ialah bukannya orang yang anti senjata (kebal terhadap senjata apapun) melainkan yang dikiaskan dalam kata “sekti” zaman modern adalah orang yang memiliki suatu kepandaian clan  mempunyai  keahlian  (skill)  untuk  memonitor  serta  mendeteksi segala gejolak clan kendala yang mungkin terjadi disegala sektor. Lebih jelasnya yang dimaksud didalam syair pertama tiada lain seorang

10,594 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Kisah Lainya - NyaiRoroKidul.com:

Comments

comments