Perbedaan Nyi Blorong Dan Nyi Roro Kidul, Asal Usul yang Selama ini Salah Kaprah!

Perbedaan Nyi Blorong Dan Nyi Roro Kidul, Asal Usul yang Selama ini Salah Kaprah! – Dalam dunia spiritual Jawa ataupun dongeng dan seputar mitos pulau Jawa tentu tidak terlepas dari sosok Nyai Roro Kidul, Ratu Kidul serta Nyi Blorong. Dimana ketiga sosok ini seringkali disalah artikan dan kisahnya pun menjadi simpang siur di masyarakat. Ada yang mengatakan bahwa Nyi Roro Kidul adalah penguasa seluruh pantai selatan sedangkan Nyi Blorong hanyalah dayang atau pelayannya saja.

Lalu sebenarnya apa perbedaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul dalam kisah mitos Jawa? Yuk simak penjelasan kami berikut ini. Dimana informasi ini kami dapatkan dari Kang masrukhan. Beliau dikenal sebagai pakar ilmu spiritual dan supranatural. Beliau juga dikenal sebagai Guru Besar Asosiasi Parapsikologi Nusantara.

Fakta Seputar Perbedaan Nyi Blorong Dan Nyi Roro Kidul

Tahukah Anda, bahwa tenyata asal mula nyi roro kidul dan nyi blorong ini tak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia saja. Bahkan kisah kedua sosok ini juga terdengar oleh masyarakat mancanegara. Dalam kisahnya, Nyi Roro Kidul dipercaya oleh masyarakat sebagai patih yang memimpin bala tantara kaum makhluk ghaib di sekitar laut selatan Jawa. Begitu hebat sosok ini dimata masyarakat.

Warga masyarakat sekitar percaya bahwa jika seseorang berkunjung ke pantai Selatan dengan membawa niat yang jahat, maka seseorang tersebut akan berurusan dengan yang namanya Nyi roro kidul dan nyi brolong ini. Semua itu akibat kelakuan buruk dari seseorang tersebut, terlebih jika ia ingin merusak lingkungan sekitar pantai selatan. Bisa dikatakan bahwa Anda harus menjaga perdamaian dan tidak boleh memiliki niatan yang buruk terhadap alam.

Pada beberapa legenda masyarakat Jawa, dimana  perbedaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul digambarkan dari sosonya. Nyi Roro Kidul memiliki wujud yang cantik ala wanita jawa, anggun dan sangat mempesona. Sedangkan Nyi Blorong terkadang memiliki wujud sebagai putrid duyung. Atau jelasnya bagian bawah tubuhnya berwujud sebagai seekor ular atau ikan dan bagian atasnya berwujud seperti layaknya manusia pada umumnya. Dan yang membuat seremnya lagi, bahwa konon katanya bahwa nyi roro kidul ini dan nyi blorong ini bisa mengambil jiwa siapa saja untuk ia pinjem dan yang ia inginkan.

BACA JUGA :

Asal Usul Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul

Asal mula nyi roro kidul dan nyi blorong tentunya sudah menjadi cerita yang sangat melegenda dikalangan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Pulau Jawa. Dalam beberapa mitologi Jawa kuno dimana Nyi roro kidul ini merupakan seorang putri dari Kerajaan Sunda. Kisahnya bermula pada saat sang putri diusir oleh ayahandanya kerena merupakan ulah si ibu tiri dari putri tersebut.

Sebenarnya, paras sang putri sangatlah cantik, kecantikannya sangat alami dan bisa mengalahkan kecantikan wanita-wanita sekarang. Sebagian masyarakat mengenal dengan sosok yang menguasai kawasan Laut Selatan Jawa Barat. Dan beberapa para peneliti Antropologi dan juga Kultur masyarakat Jawa dan Sunda menunjukkan bahwa kisah ini sudah ada sebelum dewi pra Hindu-Budha yang ada di Indonesia yang ada di Samudera Selatan.

Terkait dengan sosok sang putri yang berwujud mirip ular oleh sebagian masyarakat juga mengatakan bahwa hal tersebut karena putri tersebut menderita penyakit kulit yang disebut dengan penyakit lepra. Sehingga karena kulit sang putri yang berganti tersebutlah banyak masyarakat yang mengatakan bahwa kulitnya menyerupai sisik ular. Nah itu dia kisah dan juga asal mula perbedaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul yang bisa Anda ketahui. Semoga Bermanfaat.

90 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Comments

comments