Pintu Gerbang Laut Selatan Ada Di Beringin Kembar Alun-Alun Selatan Yogyakarta

Terkuak! Pintu Gerbang Laut Selatan Ada Di Beringin Kembar Alun-Alun Selatan Yogyakarta

Terkuak! Pintu Gerbang Laut Selatan Ada Di Beringin Kembar Alun-Alun Selatan Yogyakarta – Kisah Kanjeng Ratu Kidul bagi masyarakat Indonesia sangat melegenda. Kisah tersebut selalu lekat dengan nuansa mistis karena sosok gaib Kanjeng Ratu Kidul. Masyarakat Jawa terutama pesisir selatan sangat meyakini bahwa Kanjeng Ratu Kidul adalah penguasa pantai selatan yang memimpin kerajaan gaib di dasar samudra. Konon, kerajaan tersebut merupakan pusat dari segala makhluk halus sebangsa jin, setan, peri, dan makhkluk tak kasat mata lainnya.

Diceritakan bahwa kerajaan Kanjeng Ratu Kidul tersebut sangatlah indah. Banyak orang yang penasaran dan berusaha mencari letak kerajaan tersebut karena kuatnya aura magis. Mereka berupaya mencari dengan berbagai tujuan tertentu, misalnya untuk kekuatan, ilmu spiritual, kecantikan, kekayaan, bahkan pengasihan.

Layaknya sebuah kerajaan pada umumnya, kerajaan gaib Kanjeng Ratu Kidul memiliki bagian-bagian seperti Bale Kencana Saloka Domas yang merupakan singgasana kencana Sang Ratu. Selain itu, terdapat pintu-pintu gerbang sebagai akses menuju ke dalam kerajaan. Gerbang itulah yang menjadi batas antara dunia nyata dan dunia gaib. Seseorang yang hendak masuk ke dalam kerajaan Kanjeng Ratu Kidul pasti melewati gerbang tersebut. Untuk melewatinya, seseorang harus  melakukan ritual tertentu agar sampai pada kerajaan gaib Kanjeng Ratu Kidul.

Terkuak! Pintu Gerbang Laut Selatan Ada Di Beringin Kembar Alun-Alun Selatan Yogyakarta

Konon, terdapat banyak pintu gerbang menuju kerajaan gaib Kanjeng Ratu Kidul, misalnya Pantai Parangkusumo, Pantai Parangtritis, Pantai Pelabuhan Ratu, dan Pantai Sembukan. Selain beberapa pantai di pesisir selatan, Bledug Kuwu di Grobogan Purwodadi, Sumur Gumuling di Kompleks Taman Sari dan bekas Kedhaton Pleret juga dipercaya merupakan lorong yang mengantarkan ke gerbang kerajaan gaib Kanjeng Ratu Kidul.

Ada satu lagi pintu gerbang gaib kerajaan Kanjeng Ratu Kidul yang jarang diketahui masyarakat, yaitu beringin kembar yang berada di alun-alun kidul atau selatan Yogyakarta. Beringin kembar ratusan tahun tersebut dinamakan supit urang. Beringin kembar alun-alun selatan bagi masyarakat Jogja selalu diselubungi mitos lantaran letaknya yang berada tak jauh dari pusat Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Mitos yang pertama adalah mengenai permainan masangin, yaitu sebuah permainan melewati jalan di antara dua pohon beringin. Masyarakat meyakini, jika berhasil melewatinya maka segala keinginannya akan terpenuhi. Selain itu, ada keyakinan kuat bahwa pintu gerbang gaib menuju kerajaan Kanjeng Ratu Kidul juga berada di antara dua pohon beringin tersebut. Keyakinan tersebut kabarnya sudah ada sejak Sultan Hamengku Buwono VI bertahta dan diyakini sampai sekarang.

Halaman di antara dua pohon beringin tersebut sangat sakral dan seolah menyimpan kekuatan magis. Banyak yang percaya, jika seseorang mempunyai kekuatan atau ilmu kesaktian tertentu, maka ilmu tersebut akan luntur dengan sendirinya terkena pengaruh aura magis tempat tersebut. Itulah kisah beringin kembar alun-alun selatan Yogyakarta yang diyakini sebagai pintu gerbang menuju laut selatan.


Artikel Terkait : 


 

100 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Comments

comments